Senin, 19 September 2011

Merubah Isi Textbox Menjadi Numerik.

Dari posting yang pernah saya bikin tentang Merubah Textbox menjadi Huruf Kapital. Maka disini juga menjadi pertanyaan bagai mana merubah Textbox yang diinput hanya bisa menerima angka (Numuric), Koma (,) lalu Titik (.).

Di dalam kasus sehari-hari biasanya data yang diinput berupa data Numeric karena akan ada perhitungan pada data tersebut, jika yang diinput adalah Character maka akan fatal akibatnya karena program akan Error. Untuk mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang demikian maka sebagai pembuat program bisa mencegah hal ini terjadi.

Untuk menangani hal yang demikian maka kita perlu memberi lingkup untuk membatasi ASCII yang diinputkan, misal didalam form kita ada terdapat Text1 yang nantinya hanya bisa menerima input angka maka kita perlu merubah Event KeyPress pada Text1 tersebut dengan perintah sebagai berikut :

Private Sub Text1_KeyPress(KeyAscii As Integer)
Select Case KeyAscii
    Case 48 To 57, 44, 46
    Case Else
        Beep
        KeyAscii = 0
End Select
End Sub

Pada select case diatas menangkap parameter KeyAscii dan hanya membolehkan ASCII 48 hingga 57 ini adalah ASCII angka 0 – 9 sedang ASCII 44 adalah untuk Koma (,) dan ASCII 46 adalah Titik (.). Jadi jelas adanya pembatasan lingkup jenis ASCII yang diinputkan jika tidak sama maka maka ada perintah Beep atau bel berbunyi dan merubah parameter KeyAscii menjadi 0.

Jika form dieksekusi  (Tekan F5) maka pada saat kita ketik pada Text1 didalamnya hanya bisa menerima angka tanda koma dan titik. Dan untuk ini anda bisa mencobanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar